Metro, Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendatangi Rumah Sakit Kartika, Pulomas, Jakarta. Kedatangannya untuk menjenguk korban perampokan dan penyekapan di sebuah rumah mewah di Pulomas.

Mengenakan baju dan jilbab berwarna orange, Khofifah yang tiba pukul 10.38 ini terlihat membawa dua tas jinjing berwarna merah muda. Tampak benda seperti boneka dan bantal di dalamnya. "Kita tinjau dulu ke dalam, ya," katanya begitu sampai di RS Kartika, Jakarta, Sabtu, 31 Desember 2016.

Sekitar 40 menit berada di dalam rumah sakit, Khofifah secara khusus bercerita soal sosok Zanette Kalila Azaria. Putri kedua Dodi Triono itu merupakan anak berkebutuhan khusus.

Menurut Khofifah, Zanette sangat menyukai rendang. "Ketika saya tanya 'Anet suka rendang?' kelihatan ekspresi wajahnya," ujarnya.

Selain itu Anet-sapaan Zanette-diketahui hobi melukis sehingga Khofifah juga membawakannya peralatan melukis. "Semua tadi kami sampaikan agar dia merasa keseharian dia sebenarnya bisa dimulai kembali," ujarnya.

Khofifah mengatakan Kementerian Sosial siap memberikan bantuan berupa pendampingan psikososial terapi. "Psikososial terapi ini tidak bisa dideteksi secara medik saja, harus ada assesment khusus," ujarnya.

AHMAD FAIZ