Metro, Bekasi - Seorang pencuri minimarket di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, lolos dari kepungan warga. Padahal, pelaku tunggal itu sempat dua kali terjatuh dari atap ke dalam toko di tempatnya beraksi. Karung berisi rokok berbagai merek ditinggalkan di atas atap.

Juru bicara Kepolisian Sektor Tambun, Inspektur Satu Tri Mulyono, mengatakan peristiwa terjadi di Alfamart Perumahan Taman Puri Cendana, Jalan Santoso, rumah toko AB1 RT 016 RW 016, Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Sabtu, 31 Desember 2016.

Saat baru saja melakukan aksinya, kata dia, pencurian itu diketahui petugas keamanan setempat Nimar, 57 tahun. Ia memergoki orang tak dikenal berada di atas atap Alfamart. “Saksi menegur pelaku dan menyuruhnya turun,” kata Tri, Ahad, 1 Januari 2017.

Aksinya ketahuan, pelaku melarikan diri dari atap Alfamart ke atap toko lain di sebelahnya. Atap toko tak kuat menahan tubuh pelaku, akibatnya pelaku terjeblos dan jatuh ke dalam toko.

Di dalam toko ada penghuninya, Robby Linardy. Warga yang berada di luar toko meminta agar Robby membuka tokonya. Tak mau ditangkap, pelaku mengancam Robby menggunakan sebilah golok agar tidak membuka pintu toko. “Pelaku kemudian melarikan diri, dan lagi-lagi, dia terjatuh, lalu melarikan diri,” kata dia.

Kepolisian setempat yang mendapatkan laporan segera ke lokasi kejadian. Hasil identifikasi, diketahui bahwa kondisi Alfamart sudah berantakan, serta atapnya jebol. Diduga sengaja dijebol pelaku agar bisa masuk ke minimarket.

“Kami menemukan karung plastik berisi rokok berbagai merek di atas atap genting Alfamart,” kata Kepala Polsek Tambun Komisaris Bobby Kusumawardhana. Dia masih mempelajari isi rekaman kamera pengawas di dalam minimarket itu guna mengidentifikasi pelaku pencurian tersebut. “Pelaku masih dalam penyelidikan,” katanya.

ADI WARSONO