Nasional, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno tak menyangka isu perombakan kabinet kembali muncul ke permukaan. Ia mengatakan tidak ada upaya reshuffle di tubuh Kabinet Kerja. "Aku heran kok ada obrolan soal itu. Dari mana sumbernya," kata Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2016 lalu.

Saat ditanya apakah Presiden Joko Widodo melakukan evaluasi kinerja akhir tahun, Pratikno menuturkan evaluasi merupakan hal rutin yang dilakukan. Menurut dia, setiap evaluasi kinerja kementerian tidak melulu harus dikaitkan dengan pergantian menteri. "Evaluasi terus-menerus dalam manajemen kami," katanya.

Baca juga: Partai Pendukung Jokowi Yakin Belum Ada Reshuffle

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menepis langsung kabar pencopotan menteri di Kabinet Kerja. "Tidak ada. Tidak ada," ujarnya, saat meninjau proyek wisma atlet di Kemayoran, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2016.

Simak pula: Isu Reshuffle Jilid III Beredar, Istana: Itu Hak Presiden

Selama tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah terjadi dua kali perombakan kabinet. Reshuffle atau pergantian pertama terjadi pada Agustus 2015. Pergantian menteri yang kedua, dilakukan presiden di Juli lalu.

ADITYA BUDIMAN