Metro, Jakarta - Tersangka terakhir perampokan dan pembunuhan di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Ridwan Sitorus alias Yus Pane, akhirnya ditangkap oleh Polda Metro Jaya, Ahad, 1 Januari 2017. Yus ditangkap di Medan sekitar pukul 07.45 WIB pagi tadi.

"Ia ditangkap di Pool Bus ALS ( Antar Lintas Sumatera ) jalan Sisingamangaraja Medan, Sumatera Utara," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, Ahad, 1 Januari 2017. Yus merupakan satu dari empat tersangka yang telah ditetapkan oleh polisi.

Argo mengatakan penangkapan terhadap Yus dilakukan oleh tim gabungan dari Polres Jakarta Timur, Polres Depok, juga Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Tim ini dipimpin oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Sapta Maulana Marpaung.

Argo mengatakan Yus segera dimintai keterangan terkait perampokan yang menewaskan enam orang itu. "Pelaku masih dalam perjalanan dari Medan menuju Polres Jakarta Timur," kata Argo.

Polda Metro Jaya menetapkan Yus dalam daftar pencarian orang beberapa waktu lalu. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan mengatakan Yus berperan sebagai orang kedua dalam aksi perampokan sadis itu, di bawah 'kapten' Ramlan Butarbutar. Ramlan tewas dalam penangkapan oleh Polda, sehari setelah kejadian.

Dengan penangkapan ini, empat tersangka yang dicurigai Polda sebagai pelaku perampokan telah tertangkap. Aksi keempat orang itu menyebabkan enam nyawa penghuni rumah melayang. Kawanan perampok spesialis rumah mewah itu menyekap sebelas penghuninya di dalam sebuah WC berukuran 1,5x1,5 meter tanpa sirkulasi udara. Korban tewas kehabisan oksigen saat ditemukan.

EGI ADYATAMA