Nasional, Bengkulu – Bertepatan menjelang pergantian tahun 2016 ke 2017, dua kuntum bunga langka Rafflesia Arnolodi mekar secara sempurna di kawasan hutan lindung di Kabupaten Bengkulu Tengah, persis di jalan lintas Kota Bengkulu – Kabupaten Kepahiang. Posisinya pun tidak jauh dari jalan raya, berjarak sekitar 30 meter dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Kehadiran dua kuntum bunga raksasa ini tentu saja menarik banyak perhatian para wisatawan sejak kemarin, meski belum mekar secara sempurna. Wisatawan ini berdatangan dari berbagai daerah, dan sebagian besar dari Provinsi Sumatera Selatan yang kebetulan melintasi di kawasan tersebut menuju Kota Bengkulu.

Menurut anggota Kelompok Peduli Rafflesia Bengkulu Tengah, Ibnu Hajar, bunga Rafflesia ini mekar secara sempurna dan dapat dinikmati sekitar lima hari lagi.

“Masing-masing bunga memiliki lima kelopak, dimana setiap kuntum memiliki diameter sekitar 50 sentimeter dan satu lagi berdiamter sekitar 70 sentimeter,” kata Ibnu saat dihubungi.

Ibnu mengatakan kehadiran bunga Rafflesia sendiri sulit untuk diprediksi, sehingga sangat beruntung pada masa liburan ini berbarengan dengan mekar sempurnanya kuntum bunga terbesar di dunia tersebut.

Menurutnya masih di sekitar lokasi yang sama, saat ini telah muncul beberapa bongkol atau calon bunga Rafflesia yang bakal mekar dalam waktu dekat,

“Namun, belum dapat dipastikan kapan bunga itu akan mekar sempurna, sangat beruntung saat ini para wisatawan yang kebetulan berlibur di Bengkulu dapat menyaksikan Rafflesia mekar sempurna,” katanya kemudian.

PHESI ESTER JULIKAWATI